Rabu, 12 Oktober 2011

kesombongan diri

budi, seorang ank laki-laki sd kelas 3 baru saja memenangkan sebuah mendal sebagai pembaca terbaik di kelas. trbuai oleh kesombongan, ia menyombongkan diri dihadapan pembantu dirumah, " bibi, coba iat, jika mau bibi dapat membaca sebaik saya." pembantu itu mengambil buku, memandangnya dan akhirnya berkata dengan terbata-bata, " nak budi, saya tidak bisa membaca."
sombong seperti burung merak, anak kecil itu lari keruangan keluarga dan berteriak kepada ayahnya, " yah, bibi tidak bisa membaca, sedangkan saya meski berumur 8 tahun, saya sudah dapat mendali untuk kehebatan membaca. saya ingin tau bagai manasih perasaannya, memandangbuku tetapi tidak bisa membacanya.
tanpa berkata sepatah pun, ayahnya berjalan menuju rak buku, mengambil satu buku, dan memberikanya ke budi dan berkata, "bibi merasa seperti ini" buku itu  ditulis dalam bahasa jerman dan budi tidak bisa membaca satu kata pun.
anak laki-laki itu tidak pernah melupakan pelajaran itu sekejaap pun. bila perasaan sombong datang, dia dengan tenang akan mengginatkan dirinya, " ingat kamu tidak bisa membaca dalam bahasa jerman"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar