Minggu, 04 September 2011

filosofi kkn


Kuliah kerja nyata merupakan proses pembelajaran dari mahasiswa untuk hidup di masyarakat. Hidup kembali mengajariku sebuah makna dari kehidupan. Dunia bukan hanya milik kita sendiri. Hidup bermasyarakat ini lah yang akan dipelajar dikkn. Manusia makluk sosial merupakan semboyang pantas untuk proses pembelajaran ini.
Kuliah kerja nyata memiliki manfaat yang besar terutama untu perkembangan watak dan kharakter mahasiswa. Satu hal penting dalam kuliah kerja nyata adalah segala sesuatunya berawal dari diri kita sendiri, semua berawal dari mahasiswa siswanya. Mahasiswa lah yang membawa sejuta ide yang kemudian dituang kan dalam memecahkan permasalahan dari masyarakat. Hal ini di temukan dalam kuliah kerja nyata di kenagarian simalidu. Masyarakat tetap akan melakukan aktivitasnya sebagaimana biasanya. Namun, etikan sebuah ide dikemukakan ketengah masyarakat, masyarakat sangat antusian dalam membantu terselenggaranya kegiatan tersebut.
Pada kuliah kerja nyata membantu mahasiswa dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Hal ini dibuktikan bahwa setiap acara yang diselenggarakan oleh rekan-rekan mahasiswa kkn akan selalu dan pasti akan melibatkan masyarakat. Sehingga dalam proses kkn ini ber langsung mahasiswa dapat belajar bagaimana cara untuk melakukan pendekatan kepada warga.
Pengalaman memang guru yang paling sempurna, kuliah kerja nyata merupakan pengalaman terindah. hari ini dunia kembali mengajariku tentang kharakter manusia. Fikir ku semua yang ku pelajari di organisasi merupakan hal yang kurasa sudah cukup. Namun pada masa ini kkn mempertemukan ku dengan bermacam-macam kharakter. Semuanya tak pernah terfikirkan sebelumnya. Hafiz bilang di kkn kita memang butuh kesabaran, keteguhan hati bahkan mungkin kesiapan mental. Karena segala sesuatunya menabjubkan.
Subhanallah, allah menciptakan banyak bermacam-macam kharakter. Banyak hal yang kita dapati dengan kuliah kerja nyata. Dimana kita dituntut untuk bekerjasama dengan teman teman dengan latar belakang yang berbeda. Dalam pengangkatan sebuah agenda kegiatan misalnya itu menuntut kita untuk melakukan dua pendekatan sekaligus, dimana mahasiswa kkn di minta untuk melakukan pendekatan terhadap internal mereka sesama mahasiswa sekaligus mereka dituntut untuk melakukann pendekatan dengan masyarakat.
Hidup kembali memberi ku tentang sebuah fakta dalam kehidupan, tidak hanya disini, akan tetapi dimanapun bumi di pijak di situ langit di junjung begitu kata rang minang. Dengan bersosialisi dengan masyarakat sekitar sehingga membuat kita mengerti terhadap sebuah perbedaan. Misalnya pada kkn nagari simalidu 2011, mahasiswa kkn mendapat kan ilmu tentang suatu kebiasaan yang dilaksanakan oleh masyarakat sekitar. Terkadang ada hal-hal yang kita anggab itu hanya hal yang biasa namun bagi masyarakat setemat menganggap hal ter sebut tidak sopan. 
Kuliah kerja nyata juga mengantarkan kita pada kenyataan hidup dimana kita harus belajar dari kesalahan telah kita lakukan. Hidup memberikan pelajaran bagaimana kita bisa meneguhkan hati dalam menjalani kehidupan, karena kita tak sanggup untuk mengubah dunia mari kita jadikan diri kita menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi terjalnya batu kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar